JKLPK Jawa Timur Website -Konsultasi Regional JKLPK Regional Jatim Rumuskan Tiga Isu Strategis
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 01 September 2016 13:52:40
Konsultasi Regional JKLPK Regional Jatim Rumuskan Tiga Isu Strategis

Forum tiga tahunan konsultasi regional Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia (JKLPK) regional Jawa Timur sudah dilaksanakan di Penginapan Remaja 2 Surabaya, 26-27 Agustus 2016. Selain agenda suksesi kepengurusan, juga dirumuskan isu-isu strategis yang menjadi fokus pada tiga tahun pelayanan ke depan.

Konreg 2016 ini dihadiri oleh peserta dari unsur lembaga-lembaga pelayanan Kristen [LPK], perwakilan gereja, dan lembaga-lembaga mitra JKLPK. Dari daftar hadir, ada sembilan perwakilan LPK baik yang berstatus partisipan maupun yang belum partisipan, dua perwakilan gereja, dan satu lembaga kemahasiswaan [GMKI Cabang Surabaya]. Selain itu, hadir juga perwakilan dari sekretariat nasional JKLPK, Woro Wahyuningtyas selaku direktur eksekutif, dan dari unsur kelompok kerja yang dihadiri Santo Vormen.

Perwakilan LPK yang hadir dalam konreg kali ini adalah: Perhimpunan Pustaka Lewi Surabaya, Yayasan Pondok Kasih Surabaya, Komunitas Budaya Titi Wanci Malang, Yayasan Panti Asuhan Sejahtera Surabaya, LKSA/Panti Asuhan Bethesda Tulungagung, Yayasan Lumbung Yusuf Sidoarjo, YPPA Lahai Roi Surabaya, Panti Asuhan Kristen Lydia Surabaya, dan Yayasan Mariam Surabaya.

Di hari pertama [26/08], peserta dibekali penguatan wawasan tentang isu-isu lingkungan yang difasilitasi oleh Pdt. Chrysta BP Andrea dari GKJW dan Lutfi Amiruddin, pengajar dan peneliti dari Universitas Brawijaya Malang.

Hari kedua dimanfaatkan sebagai forum penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh kepengurusan 2013-2016 dan pemilihan pengurus masa bakti 2016-2019. Penyampaian laporan pertanggungjawaban disampaikan langsung oleh koordinator region 2013-2016, Sonny Saragih. Program-program kerja termasuk pencapaian yang sudah dicapai dilaporkan beserta laporan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara nasional.

Penyampaian dan muatan laporan pertanggungjawaban mendapat beberapa masukan dan tanggapan dari peserta, diantaranya adalah dari Ramli Sembiring dari Yayasan Lumbung Yusuf Sidoarjo yang memberi masukan terkait teknis pelaksanaan program-program ke depannya. Ibu Widowati juga memberi masukan terkait pengatan kembali spirit berjejaring yang kedepannya tidak selalu mengacu kepada pelaksanaan program namun juga harus semakin menguatkan keberadaan LPK itu sendiri.

Setelah sesi laporan pertanggungjawaban yang diterima dengan berbagai catatan dan masukan, dilakukan pemilihan pengurus periode 2013-2016 yang kemudian disepakati untuk tetap melanjutkan Sonny Saragih sebagai koordinator region masa bakti 2013-2016. Sedangkan untuk posisi sekretaris region tetap diisi oleh Ibu Maria Christiane dari Yayasan Pondok Kasih, dan bendahara region diisi oleh Ibu Widowati.

Sonny Saragih yang mewakili Perhimpunan Pustaka Lewi menyampaikan apresiasi dan harapan besar terkait kepengurusan JKLPK Regional Jatim 2016-2019. Seperti yang berhasil dirangkum selama konreg ini, ada tiga isu strategis yang akan menjadi tema pelayanan: isu ekologis, hak-hak anak, dan HIV-AIDS.

Ketiga isu ini dirangkum berdasarkan masukan dari peserta dan hasil review dari pelaksanaan isu-isu strategis dari konreg sebelumnya. Khusus tema ekologis, banyak peserta konreg yang memberi masukan isu ini menjadi payung besar atau tema bersama bagi LPK di Jawa Timur karena semua aspek dan dinamika permasalahan harus mendapat penguatan perspektif ekologis. Fakta di lapangan juga memperlihatkan bahwa isu-isu lingkungan, terutama konflik-konflik perebutan sumber daya alam semakin banyak di Jawa Timur.

Penulis : Santo

Visi
 
Partisipan
 
Tentang Kami
 
Struktur Organisasi
 
Agenda
 
Webmail
 
login
            JKLPK Indonesia (www.jklpk-indonesia.org)