JKLPK Jawa Timur Website -Seruan dari Konsultasi Nasional XII JKLPK
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 28 Desember 2016 12:20:06
Seruan dari Konsultasi Nasional XII JKLPK

JKLPK memandang tema Konsultasi Nasional (Konas) XII di Samosir 3-5 Nov. 2016 "Kabar Baik bagi Semua Mahluk" (Mark. 16:15) dengan subtema "Menjadi alat untuk menyatakan kabar baik bagi semua mahluk agar hidup harmoni, holistik, dan damai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia" sangat sesuai dengan visi-misi JKLPK.

Kabar baik yang dimaksud bukan semata-mata menyampaikan firman Tuhan, tapi menggumulinya dalam aksi nyata, tanpa memandang perbedaan agama, suku ataupun gender, demi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan sesuai konstitusi republik ini.

JKLPK menyadari panggilan untuk menyampaikan kabar baik bukan pekerjaan mudah. Apalagi melihat kondisi kekinian bangsa yang masih mengalami banyak masalah, antara lain:
1. Kebebasan beribadah dan beragama.
2. Hak asasi manusia.
3. Anak dan perempuan.
4. Demokrasi dan hukum.
5. Lingkungan hidup.

Berdasarkan permasalahan di atas Konas XII menerbitkan seruan kepada Negara, Gereja dan juga JKLPK Indonesia.

Seruan kepada negara antara lain meminta pemerintah menjamin terlaksananya pemenuhan, penghormatan, serta perlindungan hak atas memeluk agama dan keyakinan serta beribadah sesuai Konstitusi. Juga menindak tegas pelanggaran terhadap hak dan kebebasan beragama.

Negara juga diminta menuntaskan HAM berat pada masa lalu dengan mengutamakan penyelesaian secara yudisial diikuti rekonsiliasi.

Konas juga meminta negara melindungi anak dan perempuan Indonesia dari praktik kejahatan seksual dan perdagangan perempuan.

Negara pun diminta menindak tegas pejabat dan korporasi yang melanggar hukum.

Agar tidak merusak lingkungan (pemanasan global) dan merugikan masyarakat adat, negara diminta tidak lagi bergantung pada industri ekstratif (minerba, migas dan perkebunan).

Gereja antara lain diminta tidak terjebak dalam pertentangan ajaran atau doktrin yang justru memecah-belah umat dan menjadikan umat kebingungan.

Konas juga meminta gereja lebih peduli masalah riil yang dialami warga jemaat dan ikut mengatasinya. Gereja-gereja juga diminta berkonsolidasi terhadap situasi kekinian yang dialami bangsa Indonesia.

Last but not least, ada dua seruan Konas untuk JKLPK Indonesia. Pertama, melakukan konsilidasi dengan ratusan lembaga pelayanan Kristen (LPK) setanah air yang menjadi partisipan JKLPK, pengurus dan staf seknas JKLPK dalam merumuskan program kerja sesuai dengan visi-misi JKLPK.

Kedua, meningkatkan kerja-kerja advokasi dan jaringan, tetutama terhadap isu pluralisme, demokrasi, HAM dan kerusakan lingkungan.

Penulis : Wardhani

Visi
 
Partisipan
 
Tentang Kami
 
Struktur Organisasi
 
Agenda
 
Webmail
 
login
            JKLPK Indonesia (www.jklpk-indonesia.org)