JKLPK Jawa Timur Website -Pernyataan Sikap JKLPK Terkait Kasus Sigi-Sulawesi Tengah
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 29 November 2020 00:00:00
Pernyataan Sikap JKLPK Terkait Kasus Sigi-Sulawesi Tengah

Pernyataan Sikap Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia Terkait Kasus di Sigi Sulteng

JKLPK di Indonesia sangat prihatin dan menyesalkan terjadinya peristiwa pembunuhan empat warga sipil dan pembakaran sejumlah rumah termasuk rumah yang digunakan sebagai tempat ibadah, di Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada Jumat (27/11/2020). Peristiwa ini, atas dalil apa pun, tidak dapat dibenarkan dan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. Oleh karena itu, kejadian keji seperti ini tidak boleh dibiarkan dan harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari Negara (aparat keamanan) agar tidak berulang di masa mendatang.

JKLPK sebagai jejaring Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia juga menyampaikan belasungkawa mendalam dan bela rasa bagi keluarga korban. Demikian halnya dengan warga lainnya yang sedang mengalami ketakutan dan mengungsi. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan, ketabahan, dan penghiburan bagi keluarga korban dan warga Desa Lemban Tongoa (Sigi).

Terkait peristiwa ini, JKLPK menyerukan kepada para pihak:

1. Meminta Negara untuk hadir memberikan rasa aman dan segera mengusut tuntas peristiwa pembunuhan dan pembakaran yang terjadi di Desa Lemban Tongoa. Pengungkapan kasus menjadi penting agar dapat memberikan kepastian hukum dan rasa aman di masyarakat.

2. Meminta Negara untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait agar peristiwa keji seperti ini tidak berulang kembali di Sigi, termasuk di wilayah Indonesia lainnya.

3. Meminta Negara, khususnya pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya untuk memberikan layanan konseling bagi keluarga korban dan masyarakat lainnya yang mengalami trauma dan ketakutan atas peristiwa ini.

4. Menghimbau pada semua pemimpin umat untuk bergandengan tangan dalam membangun rekatan persaudaraan dan kerukunan beragama untuk mencapai Indonesia yang toleran melalui upaya-upaya yang mendorong terjadinya perdamaian di Indonesia.

5. Mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah rasa kekeluargaan, persaudaraan, dan persatuan sebagai warga negara Indonesia.

Demikian pernyataan sikap ini disampaikan untuk menjadi perhatian bagi semua pihak.

Jakarta, 29 November 2020
Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia

Ttd
Sonny Sewanton Saragih (Ketua Pokja)
Suryati Simanjuntak (Sekretaris Pokja)

Penulis : Seknas JKLPK

home
 
gallery
 
Visi
 
Partisipan
 
Tentang Kami
 
Kerja Sama
 
Agenda
 
Webmail
 
login