Tentang Kami
JKLPK Jawa Timur Website - Tentang Kami
Dalam waktu cukup lama, telah banyak Lembaga-lembaga Pelayanan Kristen yang ikut di dalam proses pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Keikutsertaan itu berpusat pada keyakinan bahwa Yesus Kristus yang adalah Tuhan, datang untuk memberikan hidup yang berkelimpahan kepada semua umat-Nya (Yoh. 10:10).

Demikianlah LPK-LPK menyatakan pilihan kepada kehidupan itu dan mengikatkan diri untuk bekerja bagi pemenuhannya melalui pelayanan Kristiani. Komitmennya akan diwujudkan dalam rangka kesejahteraan sosial, keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan.

Kemudian, LPK-LPK memandang perlu untuk mengembangkan suatu solidaritas dan kebersamaan. Sehingga, melalui aksi dan refleksi bersama akan tumbuh kondisi yang saling topang-menopang dalam rangka pelayanan yang lebih efektif bagi mereka yang miskin, tertindas, terbelenggu maupun tercecer.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, atas prakarsa Departemen Partisipasi Gereja dalam Pembangunan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (DEPARPEM � PGI), pada tanggal 27-29 Juli 1988, di Wisma Kinasih, Caringin, Bogor, dilaksanakan pertemuan LPK-LPK di Indonesia, yang kemudian disebut Konsultasi Nasional -I LPK-LPK di Indonesia. Pertemuan ini membentuk Kelompok Kerja yang bertugas untuk menyiapkan rencana pembentukan suatu Jaringan Bersama yang akan ditetapkan pada Konsultasi Nasional berikutnya.

Pada bulan Maret 1990, Konsultasi Nasional-II Jaringan Bersama diwujudkan dan ditetapkan dengan nama JARINGAN KERJA LEMBAGA-LEMBAGA PELAYANAN KRISTEN DI INDONESIA, disingkat JKLPK (jklpk-indonesia.org)

Saat ini, JKLPK secara nasional punya 184 lembaga partisipan aktif yang tersebar di 12 region. Satu region bisa terdiri dari satu provinsi atau lebih.

Di Jawa Timur, JKLPK Regional Jawa Timur sekarang mempunyai 22 LPK partisipan aktif yang berada di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Madiun, Kota Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Forum pengambilan keputusan tertinggi di JKLPK Region Jawa Timur adalah Konsultasi Regional (Konreg) yang diadakan setiap tiga tahun sekali. Dalam forum konsultasi regional ini isu-isu strategis di tingkat regional dirumuskan dan sekaligus mengadakan suksesi kepengurusan.

Berikut adalah daftar Konsultasi Regional JKLPK Region Jawa Timur:
1. Konsultasi Regional Tahun 2010 pada 5-7 Desember 2010 di Penginapan Remaja, Kota Surabaya.
2. Konsultasi Regional Tahun 2013 pada 31 Mei-1 Juni 2013 di Sarangan, Kabupaten Magetan.
3. Konsultasi Regional Tahun 2016 pada 26-27 Agustus 2016 di Penginapan Remaja, Kota Surabaya.
4. Konsultasi Regional Tahun 2019 pada 6-7 September 2019 di Balewiyata, Komplek Majelis Agung GKJW, Kota Malang.

Kepengurusan JKLPK Region Jawa Timur periode 2019-2022 adalah:
Koordinator region: Santo Vormen (Pustaka Lewi)
Sekretaris region: Maria Christiane (Yayasan Pondok Kasih)
Bendahara region: Widowati (LBH HOPE)

Sekretariat region Jatim mulai tahun 2018 dipusatkan di Jalan Bibis Karah Sawah no.2. Kegiatan kesekretariatan harian dipimpin oleh Kepala Sekretariat Bpk. Budi Waluyo.

Kontak dan korespondensi:
Website : www.jklpk-jatim.org
Email : jklpk.jatim@gmail.com
Telepon : +62 817-324-294 (Budi Waluyo); +62 821-399-58460 (Santo)
Rekening : Bank Jatim kantor cabang dr. Soetomo Surabaya No.0327028456

home
 
gallery
 
Visi
 
Partisipan
 
Tentang Kami
 
Kerja Sama
 
Agenda
 
Webmail
 
login