Konsultasi Regional JKLPK Regional Jawa Timur akan Dilaksanakan di Lawang, 27-28 Januari 2023

Forum pengambilan keputusan tertinggi JKLPK di tingkat regional Jawa Timur, forum Konsultasi Regional (Konreg), akan dilaksanakan pada 27-28 Januari 2023 di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Bedali, Lawang, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini akan menandai berakhirnya kepengurusan periode 2019-2022 yang terpilih sebagai hasil keputusan Konsultasi Regional 2019 yang dilaksanakan di Balewiyata, Kota Malang.

Konreg 2023 ini seharusnya dilakukan pada akhir tahun 2022, namun karena ada keputusan dari JKLPK nasional dimana JKLPK Regional Jawa Timur ditunjuk menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan Konsultasi Nasional XIV JKLPK menggantikan Regional Sulawesi Utara, maka persiapan Konreg diundur dan baru dilaksanakan pada bulan pertama tahun ini.

Pelaksanaan Konreg 2013 akan mengundang seluruh partisipan JKLPK Regional Jawa Timur yang saat ini berjumlah 20 LPK, dan undangan atau peninjau yang berasal dari unsur LPK calon partisipan, lembaga mitra atau jejaring JKLPK di Jawa Timur, dan beberapa tokoh atau personil yang selama ini menjadi mitra pelayanan di Jawa Timur.

Berkesesuaian dengan tema Konsultasi Nasional XIV JKLPK, tema yang diambil ada "Bertransformasi untuk Berdampak" (bdk. Roma 13:8-14). Sedangkan subtema atau topik yang diangkat adalah "peningkatan Kapasitas Kelembagaan Partisipan JKLPK Jawa Timur dalam Upaya Perlindungan Anak di Jawa Timur".

Isu perlindungan anak merupakan salah satu isu strategis di tingkat regional yang menjadi pergumulan bersama. Forum ini akan membahas dan merefleksikan kembali kerja pelayanan LPK dan JKLPLK dalam sektor ini. Untuk semakin menambah bobot pembahasan, akan diundang juga dalam sesi business meeting Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur. Kehadiran dua institusi pemerintah provinsi ini diharapkan bisa memaparkan apa saja kebijakan terkait perlindungan anak dan juga peran pemerintah provinsi dalam memfasilitasi LKSA atau panti asuhan di Jawa Timur.

Follow me!